Biografi Imam Abu Hanifah
Nama dan Nasab Beliau
Beliau adalah
al-Imam Abu Hanifah Numan bin Tsabit bin Zauthi at-Taimi Maula Bani Taim bin
TsaTabah. Beliau aslinya adalah keturunan bangsa Parsi.
Kelahiran Beliau
Beliau
dilahirkan pada tahun 80 H di Kufah.
Sifat-sifat Beliau
Beliau berwajah
tampan, selalu berpakaian rapi, selalu berbau harum, berperawakan sedang, fasih
dalam bicaranya, dan merdu suaranya. Beliau tidak
berbicara kecuali jika menjawab,
dan tidak bicara kecuali pada hal-hal yang perlu.
Beliau masyhur
dengan kecerdasannya, keberaniannya, kewarasannya, kelembutannya,
dan kedermawanannya.
Pertumbuhan dan Guru-guru Beliau
Ketika masih
kecil beliau dibawa oleh ayahandanya, Tsabit bin Zauthi, ke tempat Ali bin Abu
Thalib maka Ali bin Abu Thalib رضي الله عنه mendo’akan
berkah kepada beliau dan keturunan
beliau.
Beliau pernah
melihat Anas bin Malik رضي الله عنه ketika
datang ke Kufah, hanya saja tidak pernah meriwayatkan satu pun hadits dari Anas
maupun yang lainnya dari kalangan sahabat.
Di antara
guru-guru beliau adalah Atha’ bin
Abu Rabah yang merupakan yang paling tua dari guru-guru beliau
dan paling afdhal, asy-Sya’bi,
Jabalah bin Suhaim, Adi bin Tsabit, Abdurrahman bin Hurmuz, Amr bin Dinar,
Thalhah bin Nafi’, Nafi’ Maula Ibnu Umar, Qatadah, Qais bin Muslim, Aun bin Abdullah bin
Utbah, Qasim bin Abdurrahman
bin Abdullah bin Mas’ud, Muharib bin Ditsar, Abdullah bin Dinar, Hakam bin Utaibah,
Alqamah bin Martsad, Ali bin Aqmar, Abdul Aziz bin Rafi’,
Athiyah al-Aufi, Hammad bin Abu Sulaiman yang beliau banyak belajar fiqh
kepadanya, Ziyad bin Ilaqah, Salamah bin Kuhail, Ashim bin Kulaib, Simak
bin Harb, Ashim bin Bah-dalah, Sa'id bin Masruq, Abdul Malik bin Umair, Abu Javfar al-Baqir, Ibnu Syihab az-Zuhri, Muhammad bin Munkadir, Abu
Ishaq as-Sabfi, Malik bin Anas yang lebih muda dari beliau,
dan yang lainnya.
Beliau begitu
memperhatikan hadits hingga beliau menempuh perjalanan untuk mencarinya.
Adapun dalam masalah fiqh dan kerumitan logika, beliau mencapai puncak ilmunya
sehingga kaum muslimin banyak yang mengambil ilmu tersebut dari beliau.
Murid-murid Beliau
Di antara
murid-murid beliau adalah putranya sendiri Hammad bin Abu Hanifah, Ibrahim bin
Thahman, Asbath bin Muhammad, Ishaq al-Azraq, Asad bin Amr al-Bajali, Ismail
bin Yahya ash-Shairafi, Ayyub bin Hani’,
Hamzah az-Zayyat yang satu thabaqah dengan beliau, Abu Ashim an-Nabil, Abdullah
bin Mubarak, Muhammad bin Hasan asy-Syaibani, Abu Yusuf al-Qadhi, dan yang
lainnya.
Pujian Para Ulama Kepada Beliau
Yahya bin Mavin berkata: "Abu Hanifah tsiqah dalam masalah hadits."
Ali bin Madini berkata: "Abu Hanifah tsiqah la ba'sa
bihi."
Abdullah bin Mubarak berkata: "Seandainya Alloh tidak
menolongku dengan sebab Abu Hanifah dan Sufyan maka sungguh aku akan seperti manusia
pada umumnya."
Beliau juga
berkata: "Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih berwibawa di
majlisnya, lebih bagus sifatnya, dan lebih lembut dibanding Abu Hanifah." Beliau juga berkata: "Abu Hanifah adalah yang
paling faqih di antara manusia."
Qasim bin Ma'n
berkata: "Tidak ada majelis yang lebih bermanfaat daripada majelis Abu
Hanifah."
Asy-Syafi’i
berkata: "Dikatakan kepada Malik: Apakah
engkau pernah melihat Abu Hanifah?" Malik menjawab: 'Ya, aku melihat
seorang laki-laki yang seandainya engkau bicara dengannya agar menjadikan
tiang ini menjadi emas maka sungguh dia akan menegakkan
hujjahnya."
Abu Mu’awiyah
adh-Dharir berkata: "Kecintaan kepada
Abu Hanifah termasuk sunnah."
Al-Kharibi
berkata: "Tidaklah mencela Abu Hanifah kecuali orang yang hasad atau orang yang
jahil."
Ali bin Ashim
berkata: "Seandainya ilmu Abu Hanifah ditimbang dengan ilmu orang-orang
sezamannya pasti lebih berat ilmu Abu Hanifah."
Hafsh bin
Ghiyats berkata: "Perkataan Abu Hanifah
dalam masalah fiqh lebih lembut dibandingkan dengan sya’ir
dan tidak mencelanya kecuali orang yang jahil."
Diriwayatkan
bahwasanya A’masy ditanya suatu permasalahan
maka dia berkata: "Sesungguhnya yang bisa menjawab ini adalah Nu’man
bin Tsabit al-Khazzaz dan aku menduga bahwa dia diberkahi ilmunya.”
Hasan bin
Shabbah berkata: "Nu'man bin Tsabit menurut pengetahuan kami sangat
berhati-hati dalam menerima khabar, dan jika telah shahih menurutnya khabar dari
Rasulullah صلي الله عليه وسلم dia
tidak melampauinya kepada yang lainnya."
Abu Dawud
berkata: "Sesungguhnya Abu Hanifah adalah seorang imam, Malik adalah seorang
imam, dan asy-Syafi’i adalah seorang imam."
Kritikan Para Ulama Kepada Beliau
Para ahli
hadits membicarakan beliau karena beliau banyak menggeluti ra’yi
dan qiyas. Ibnu Abdil Barr berkata: " Orang-orang
yang meriwayatkan dari Abu Hanifah, mentsiqahkannya, dan memujinya lebih banyak
daripada orang-orang yang mengkritiknya."
Kezuhudan Beliau
Beliau pernah
diminta oleh Ibnu Hubairah untuk menjadi qadhi tetapi beliau enggan meskipun
beliau dipukul agar mau menjadi qadhi.
Mutsanna bin
Raja" berkata: "Abu Hanifah jika bersumpah
atas nama Alloh bershadaqah satu dinar, dan jika memberikan nafkah kepada
keluarganya beliau bershadaqah dengan jumlah yang semisalnya."
Ibadah Beliau
Asad bin Amr
berkata: "Abu Hanifah shalat Isya" dan Shubuh dengan sekali
wudhu" selama 40 tahun. Abu Yusuf
berkata: "Abu Hanifah selalu menghidupkan
malam dengan shalat dan do"a."
Di Antara
Perkataan-perkataan Beliau
Abu Hanifah
berkata: "Semua yang datang dari Rasulullah صلي الله عليه وسلم maka
kami terima semuanya, dan apa yang datang dari para sahabat kami memilihnya,
dan apa yang selain itu maka mereka laki-laki dan kami laki-laki."
Beliau berkata:
"Kencing di dalam masjid lebih baik daripada
sebagian qiyas." Beliau berkata:
"Tidak selayaknya seseorang menyampaikan
hadits kecuali dengan yang dia hafal ketika dia mendengarkan
hadits tersebut dari gurunya."
Beliau berkata:
"Semoga Alloh melaknat Amr bin Ubaid karena dialah yang membuka pintu ilmu
kalam kepada manusia."
Beliau berkata:
"Semoga Alloh membinasakan Jahm bin Shafwan dan Muqatil bin Sulaiman, yang
ini berlebihan dalam menafikan sifat dan yang itu berlebihan dalam
tasybih."
Beliau berkata:
"Tidak halal atas seorang pun mengambil
perkataan kami selama dia tidak tahu dari mana kami mengambilnya."
Beliau berkata:
"Orang yang tidak tahu dalilku haram atasnya berfatwa dengan perkataanku."
Beliau berkata:
"Jika hadits itu shahih maka dia adalah madzhabku."
Beliau berkata:
"Sesungguhnya kami adalah manusia, kami mengatakan suatu perkataan
hari ini kemudian besoknya kami
rujuk."
Beliau berkata:
"Jika aku mengatakan suatu perkataan yang menyelisihi Kitabullah dan
Sunnah Rasulullah صلي الله عليه
وسلم, maka tinggalkanlah perkataanku.
Pemikiran Irja'
Beliau
Beliau dengan
imamah beliau dan kegigihan beliau untuk
ittiba’
kepada dalil tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan
layaknya seorang manusia yang
tidak ma’shum.
Telah masyhur
dari beliau pemikiran Irja’ yaitu bahwa beliau
memandang bahwa Iman adalah pembenaran dengan hati dan pengakuan dengan lisan,
dan bahwasanya amalan tidak masuk
dalam definisi Iman.
Hal ini
menyelisihi kesepakatan para ulama salaf bahwasanya
Iman adalah pembenaran dengan hati, perkataan,
dan perbuatan sebagaimana didukung
dengan banyak sekali dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah.
Abu Abdurrahman
al-Muqri’ berkata: "Abu Hanifah demi Alloh adalah seorang murji’ah,
dia menyeruku kepada Irja' tetapi aku enggan." (as-Sunnah,
Abdullah bin Ahmad,
1/223)
Yahya bin Ma’in berkata: "Abu Hanifah adalah seorang murji’ah
dan dia termasuk penyeru." (as-Sunnah,
Abdullah bin Ahmad, 1/226)
Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah menyebutkan bahwa al-Imam Abu Hanifah terpengaruh
oleh guru beliau Hammad bin Abu Sulaiman yang mengatakan amalan tidak termasuk
dalam penamaan Iman, dan bahwa Hammad bin Abu Sulaiman dalam masalah ini
menyelisihi guru-gurunya seperti
Ibrahim an-Nakha’i
dan yang lainnya yang begitu keras di dalam melawan Irja’ (Majmu Fatawa
7/119)
Hanya saja
telah datang beberapa riwayat dari beliau yang mengisyaratkan bahwasanya beliau
telah rujuk (bertaubat) dari pemikiran murji’ah
sebagaimana riwayat dari Ibnu Abdil Barr dengan sanadnya dari Hammad
bin Zaid bahwasanya dia telah rujuk dan meninggalkan
pemikiran Irja'nya.
Kemudian Hammad
bin Zaid membawakan riwayat hadits "Manakah
Islam yang lebih afdhal?..." dan berkata
kepada Abu Hanifah: "Tidakkah engkau melihat bahwasanya Rasulullah
صلي الله عليه وسلم ketika ditanya
manakah Islam yang lebih utama maka Rasulullah صلي الله عليه وسلم menjawab: Iman, kemudian beliau menjadikan hijrah dan jihad termasuk
Iman?" Maka terdiamlah Abu
Hanifah dan berkata sebagian sahabat beliau kepada beliau: "Tidakkah engkau
menjawabnya wahai Abu Hanifah?" Abu Hanifah berkata:
"Aku tidak menjawabnya karena dia membawakan hal ini dari Rasulullah صلي الله عليه وسلم." (at-Tamhid, Ibnu
Abdil Barr, 9/247).[1]
Inilah sikap
Abu Hanifah dan para imam terhadap nash syar’i: selalu menerima, ridha, dan pasrah dengan sempurna terhadap dalil;
tidak seperti perilaku para pendewa akal sekarang yang begitu lancang dan
berani terhadap nash-nash dari Alloh dan Rasul-Nya!
Cobaan Beliau
Bisyr bin Walid
berkata: "Khalifah al-Manshur meminta
Abu Hanifah agar menjadi Qadhi Negara sampai-sampai al-Manshur bersumpah bahwa
Abu Hanifah harus menerima jabatan
tersebut, maka Abu Hanifah juga bersumpah
bahwa beliau tidak akan mau menerimanya, berkatalah
Rabi’ pengawal Khalifah: 'Bagaimana Amirul Mukminin bersumpah
dalam keadaan engkau bersumpah?! Abu Hanifah berkata: 'Amirul Mukminin
lebih mampu membayar kafarah sumpahnya daripada-ku." Maka beliau
dijebloskan ke penjara hingga beliau meninggal dunia."
Wafat Beliau
Al-Imam Abu
Hanifah wafat di Baghdad pada bulan Sya'ban tahun 150 H dalam usia 70 tahun.
Semoga Allah meridhainya dan menempatkannya
dalam keluasan jannah-Nya.
Wallohu A'lam
bish shawab.
Rujukan
Tarikh Baghdad oleh
al-Khathib al-Baghdadi (13/323-454), Siyar A'lamin
Nubala' oleh adz-Dzahabi (6/390-403), dan Thabaqah
Hanafiyah (1/26-32) oleh Abdul Qadir bin Abil Wafa' al-Qurasyi.
Disalin dari:
Al-Imam Abu Hanifah, Imam Ahli Kufah dan Ahli Sunnah
Oleh: Abu Aisyah
Majalah al-Furqon Ed.8
th.V 1427 H/ 2006 M
Penulis: Oleh Hermansyah Suhaimi Al-Qasim
Artikel Salafiansyah.Com
Ikuti Update Status kami: Facebook Hermansyah bin Suhaimi Al-Qasim,
Fans Page Salafiansyah. Com, Twitter @salafiansyah, Insta Gram
Salafiansyahdotcom dan WhatsApp +62 82390288093
[1]
Imam At-Thahawi berkata: "Inilah penuturan keterangan tentang aqidah Ahlus Sunnah wal
Jama'ah, menurut mahdzab para ahli fiqih Islam: Abu Hanifah An-Nu'man bin Tsabit Al-Kufi, Abu Yusuf Ya'qub bin Ibrahim Al-Anshari dan Abu Abdillah Muhammad
bin Al-Hasan Asy-Syaibani..dst:
”Iman adalah [pembenaran dalam hati], pengakuan dengan lidah, dan pembuktian dengan (amalan) anggota badan.”
(lihat Aqidah Thahawiyah) [Ibnu Majjah].

0 Response to "Biografi Imam Abu Hanifah"
Post a Comment
Silahkan Berikan Komentar Anda yang Positif